Khasiat Dahsyat dari Beras Merah

Sumber: KOMPASIANA – Khasiat Dahsyat dari Beras Merah.

Selama ini, masyarakat Indonesia hanya mengkomsumsi beras putih, sehingga mereka cenderung tidak ingin mencoba beras jenis lain. Selain beras putih, ternyata ada pula beras merah yang memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Dalam riset yang dilakukan oleh Experimental Biology Annual Conference (24-28 April) Anaheim California, As. Mengatakan bahwa terdapat dua jenis beras yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung yaitu : beras merah dan beras setengah giling. Dari riet itu pula menghasilkan kesimpulan, bahwa beras merah bermanfaat jauh lebih baik dari beras putih, untuk melindungi tubuh dari penyakit arterosklerosis (pengerasaan pembuluh darah) dan trkanan darah tinggi.

Salah seorang peneliti bernama Saturo Eguci beserta koleganya mengatakan bahwa penelitian yang mereka jalankan mencatat adanya sesuatu zat yang bernama Zat Antiontensin II pada beras merah. Zat inilah yang dapat mengatasi penyakit arterosklerosis dan tekanan darah tinggi. Zat Antiontensin terdapat di lapisan beras yang terkelupas saat proses beras merah di ubah menjadi beras putih. Supaya lapisan tersebut tidak terkelupas, saat menggiling beras harus menggunakan alat tradisional seperti yang digunakan oleh masyarakat Jepang.

Bahkan beras merah mempunyai kandungan gizi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan beras putih. Selain Antiontensin, beras merah memiliki kandungan vitamin. Dalam satu mangkuk beras merah terkandung 3,5 gram serat, sementara dalam beras putih hanya mengandung kurang dari 1 gram.

Khasiat beras merah selain mencegah pengerasaan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi, dapat pula meningkatkan perkembangan otak serta menurukan kolesterol darah. Beras merah sangat bagus untuk bayi karena mengandung tamin (vitamin B1), yang dapat mencegah beri-beri pada bayi. Bahkan mengandung zat besi di dalamnya juga tinggi, dapat membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh.

Nah, yang ingin terhindar dari penyakit pengerasan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi banyak-banyaklah memakan beras merah.

Comments are closed.