7 Cemilan Sehat Tengah Malam

7 Cemilan Sehat Tengah Malam 

Liburan seringkali membuat banyak orang berpesta dan terjaga sampai larut malam. Bila sudah seperti ini, tak jarang rasa lapar melanda. Padahal seperti yang Anda ketahui, makan setelah pukul 8 malam dapat berdampak pada pinggang Anda. Namun kabar baiknya adalah, bukan waktu makan yang penting melainkan apa yang Anda konsumsi. Jadi, bila Anda lapar di tengah malam, berikut ini adalah daftar makanan ramah yang dapat Anda konsumsi tanpa perlu menyabotase kesehatan maupun program diet Anda.

1. Air Putih

Rasa haus seringkali meniru rasa lapar. Jadi, sebelum Anda meraih makanan dari kulkas maupun lemari makan Anda, isi tubuh Anda dengan secangkir atau dua cangkir air. Anda bahkan dapat menambahkan lemon atau jeruk nipis sebagai perasa (dimana kedua bahan ini memiliki sifat detoksifikasi). Tunggu selama 10 menit, dan jika perut Anda masih meminta jatah, Anda bisa mengkonsumsi cemilan maupun minuman sehat lainnya.

2. Susu

Rendah akan kalori dan lemak, susu mengandung triptofan, asam amino yang membantu meninabobokan Anda ke dalam tidur nyenyak. Pada dasarnya, triptofan bertanggung jawab meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh; serotonin membantu Anda untuk merasa mengantuk. Sebagai bonus tambahan, kalsium dan vitamin D dalam cangkir susu dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.

3. Kacang-Kacangan

Kaya akan antioksidan, kacang-kacangan merupakan cemilan bagus di malam hari. Karena kacang kaya serat, hal itu akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan menghindari Anda terbangun dari tidur sebelum fajar dengan perut lapar. Cemilan bergizi ini juga membantu Anda mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Daripada mengkonsumsi cemilan dengan kadar gula tinggi, konsumsilah segenggam kacang favorit Anda.

4. Popcorn

Popcorn dapat menjadi cemilan pilihan ketika Anda bangun di tengah malam dan ingin mengunyah sesuatu yang asin. Tidak hanya popcorn merupakan sumber yang baik dari karbohidrat kompleks, cemilan ini juga rendah kalori (tapi jangan disirami karamel maupun mentega). Terlebih lagi karena rendah lemak, Anda tidak akan terbangun dengan perasaan kembung atau perut melilit. Taburi saja dengan sedikit garam.

5. Sayuran

Sayuran mungkin bukanlah cemilan tengah malam yang mengundang selera, namun sayuran sangat baik untuk menjadi cemilan tengah malam saat Anda sedang berdiet. Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan fitonutrien yang dapat digunakan tubuh Anda untuk menyembukan dan menyehatkan tubuh sepanjang malam. Sayuran juga mengandung banyak air sehingga Anda tidak akan merasa haus saat bangun. Terlebih lagi sayuran rendah akan kalori dan lemak, sehingga Anda tidak perlu kuatir saat mengkonsumsinya dengan porsi besar.

6. Biji-Bijian

Seperti susu, makanan yang sarat dengan karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar darah triptofan (asam yang mendorong produksi serotonin). Namun berhati-hatilah: karbohidrat olahan seperti pasta, keripik dan roti tawar, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan membuat tidur Anda kurang nyenyak. Ambillah biji-bijian utuh seperti sereal oatmeal, sereal dingin kaya serat atau roti gandum, lalu pergilah tidur.

7. Kalkun

Protein tanpa lemak tidak hanya membentuk otot Anda tetapi juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama tanpa memperlebar pinggang Anda. Protein tanpa lemak yang berasal dari daging memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan karbohidrat maupun makanan kaya lemak lainnya. Jadi, jika Anda ingin ngemil di malam hari, gigitlah beberapa irisan kalkun maupun keju rendah lemak untuk memuaskan perut Anda sampai pagi.

Halo! Kami siap untuk melayani anda via WhatsApp.

Chat Langsung via WhatsApp
WordPress Security