Beras Hitam Beras Kerajaan, Beras merah memperlancar pencernaan

Beras Hitam Beras Kerajaan, Beras merah memperlancar pencernaan « iT’s my bLoG.

Beras Hitam

Beras hitam warnanya benar-benar hitam, apalagi setelah dimasak warnanya makin hitam, dan rasanya enak banget, harum pula. Tahukah anda dahulu beras hitam hanya boleh dimakan oleh kalangan bangsawan kerajaan di Cina, konon, kalangan istana ingin mendapatkan manfaat baik dari beras hitam itu. Karena mereka tahu, beras ini mengandung jauh lebih banyak vitamin dari pada beras lainnya. Bahkan beras hitam juga dijadikan obat disana.

Ada setumpuk manfaat dibalik warna hitam beras hitam ini diantaranya: meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah gangguan ginjal dan kanker, dan membuat awet muda.

Warna hitam ini menunjukan kandungan atau pigmen yang tinggi. Dalam pigmen ini terkandung zat aleuron dan endospermia kedua zat ini bisa menghasilkan zat anti karsinogenik. yaitu zat yang bisa meningkatkan kadar trombosit dan memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini bias meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker. Zat warna hitam ini juga kaya akan zat flavonoid yang berguna untuk mencegah pengerasan pembuluh darah, selain itu kaya akan serat sehingga membuat pencernaan kita sehat dan tidak mudah lapar.

Beras Merah

Beras merah kaya akan magnesium bahkan lebih banyak dari beras putih, zat ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengandung banyak serat sehingga dapat memperlancar proses pencernaan. Pastinya bisa mencegah sembelit ( sebagian orang ada yang tidak tahan memakan beras merah ini efeknya yaitu sering buang air besar). Pada kulit ari beras merah mengandung lemak, tapi bukan lemak yang bikin gemuk melainkan lemak yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Beras merah juga merupakan anti beri-beri karena mengandung  vitamin B1terutama pada bayi. Makanya bayi sering kali diberikan bubur beras merah.

Pada zaman dahulu, para tabib menggunakan beras merah sebagai obat (sama dengan beras hitam) karena kandungan vitamin dan mineralnya dipercaya bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Tapi, beras merah lebih mudah didapatkan dipasaran dari pada beras hitam.

Yuk! Sekali-kali kita makan beras merah atau hitam…. Biar sehat.

(sumber: Bobo, th XXXVII, 5 nov 2009)

WordPress Security