CARA MEMASAK BERAS MERAH :: Beras Merah yang Bergizi

CARA MEMASAK BERAS MERAH :: Beras Merah yang Bergizi.

Selain beras yang sering dimakan, yang berwarna putih tentunya, ada juga beras merah lho!  Beras ini warnanya memang merah, tapi bentuk dan rasanya tetap sama.  Hanya saja kandungan gizi yang dimiliki beras merah lebih tinggi.

Biasanya beras merah ini memang digunakan untuk membuat bubur bayi, tapi kini cara memasak beras merah sudah mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah bisa dimakan (sebagai nasi) bersama lauk pauk dan sayur matang.  Selain itu, bagi Anda yang hobi memasak, beras merah ini bisa dikreasikan menjadi makanan atau camilan yang menarik untuk keluarga di rumah.

Kandungan Gizi Beras Merah

Beras merah mengandung gizi yang tinggi, antara lain :  Karbohidrat, Protein, Mineral dan vitamin, seperti magnesium, mangaan, vitamin B1 dan vitamin B3.  Kandungan magnesium dalam beras merah ini cukup tinggi lho!  Kalau dibandingkan dengan beras yang biasa dimakan, memang beras merah harganya kini jauh lebih mahal.

Khasiat Beras Merah

Setelah mengetahui kandungan gizi beras merah yang sangat tinggi. Mari menambah pengetahuan tentang khasiat beras merah

  • Mencegah berbagai penyakit seperti : kanker usus, wasir dan sembelit.
  • Mencegah kolesterol tinggi dan kadar gula darah tinggi.
  • Mengandung banyak serat yang berguna untuk pencernaan dan membantu dalam program diet.

Cara Memasak Beras Merah

Nah, sekarang tidak ada salahnya jika mencoba untuk memasak beras merah. Sebelum memasak beras merah, tips memasak beras merah yang perlu diketahui:

  • Karena kandungan serat yang tinggi dalam beras merah menyebabkan memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dan airyang lebih banyak dari beras biasa.  Kalau masaknya hanya sebentar dan airnya kurang, biasanya kurang tanak/matang dan keras.
  • Sebaiknya cara memasak beras merah tidak menggunakan alat masak listrik atau rice cooker karena nasi dari beras merah ini akan kurang matang dan masih keras. Sebaiknya memasak beras merah ini seperti cara tradisional yaitu di tanak dulu (direbus) dan kemudian dikukus dalam dandang sampai matang.

Kemudian, mari mulai mengenal cara memasak beras merah:

  • Setelah beras merah dicuci bersih, rendam beras merah dengan air kira-kira setengah jam untuk membantu melunakkannya.  Cara ini bisa dilakukan jika ingin nasinya lebih cepat matang, tapi jika tidak dilakukan perendaman juga tidak masalah.
  • Beras merah dimasak dengan air (ditanak).  Ukuran air yang diberikan lebih banyak dari ukuran menanak nasiseperti biasanya, tapi jangan terlalu banyak ya, bisa-bisa malah lembek seperti bubur.
  • Setelah nasi yang yang ditanak tadi setengah matang, tandanya nih air yang direbus bersama beras merah tadi sudah sat/habis, kemudian dipindahkan ke kukusan atau dandang.  Kalau ingin lebih cepat matang, panaskan air lebih dahulu dalam dandang, lalu masukkan tanakan beras merah tadi (dikukus).

Beras Merah ini bisa dikreasikan menjadi makanan enak dan menarik.  Bisa dibuat sebagai bahan untuk nasi uduk juga lho!  Anda tinggal menambahkan santan pada saat menanaknya.  Atau kalau ingin dibuat nasi goreng, tinggal ditambahkan sedikit kecap dan bumbu lainnya saja.  Atau bisa juga beras merah ditumbuk halus menjadi tepung dan dibuat kue, seperti bolu/cake beras merah.  Asyik, bukan?  Nah, selamat mencoba!