Mengenali Beras Merah Terbaik

Okefood – Mengenali Beras Merah Terbaik

BERAS merah dikonsumsi banyak orang terutama oleh mereka yang berdiet. Padahal bisa dibilang, beras putih lebih enak ketimbang beras merah.

Bila beras putih masih mempunyai rasa di dalamnya, beras merah justru lebih hambar. Namun, kekuatan beras merah terletak pada manfaat kesehatannya.

Tak mengherankan bila beras merah sudah banyak ditemui di pasar tradisional maupun pasar modern. Bila Anda masih awam memilih beras merah, simak tipnya seperti dipaparkan chef Ferry Saputra, chef healthy food kepada okezone usai demo masak di ASEAN Plus Culinary Festival 2011, La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (18/9/2011).

Warna beras merah

Beras merah mempunyai warna merah bersih. Sebaiknya, jangan memilih beras merah yang terlihat kotor atau berubah kecokelatan. Beras yang berubah warna bisa menimbulkan racun.

Tanpa kulit

Kebanyakan beras merah, khususnya yang masih di dalam tumpukan, masih terdapat kulitnya. Anda harus perhatikan, bila masih terdapat kulit, lebih baik jangan dibeli.

Bentuk panjang

Beras merah hampir sama dengan beras matti asal India. Yang membedakan, bentuk beras merah sedikit lebih panjang dan bila Anda sentuh, teksturnya sangat halus dan tidak pecah.

Ukuran air

Memasak beras merah, takaran air yang digunakan tidak sama dengan beras putih. Air untuk memasak beras merah harus lebih banyak dua kali lipat dibanding beras putih karena beras merah menyerap air lebih banyak.

Penyucian

Beras merah tergolong butuh perlakukan khusus dalam pembersihan. Proses pencuciannnya, yakni yaitu menggunakan sedikit air, gosok dengan telapak tangan tetapi jangan terlalu kencang, baru kemudian diberi air langsung dari keran. Ulangi sebanyak 3 kali dengan proses yang sama. (ftr)

Halo! Kami siap untuk melayani anda via WhatsApp.

Chat Langsung via WhatsApp
WordPress Security